INSTALASI DAN PENGENALAN OS WINDOW


Hasil gambar untuk KOMPUTER



I. TUJUAN

1.    Praktikan dapat melakukan instalasi Operating System (OS) Windows.
2.    Praktikan dapat mengetahui bagaimana cara melakukan partisi Harddisk dan konfigurasi system.



II. DASAR TEORI

A.   PERSIAPAN INSTALASI

Persiapan dalam menginstal/menginstal ulang Windows XP sebagai berikut :

1.    Menyiapkan CD Instal Windows XP yang bootable (CD Windows XP yang bisa untuk Booting/Bootable);
2.    Melakukan  Backup  Data/Documents  apa  saja  yang  penting  yang  berada didalam Drive C ke Drive lainnya misal ke Drive D, karena semua data/program yang ada didalam Drive C semuanya akan hilang, kecuali apabila hanya merepair/memperbaiki saja, maka data/program yang ada di Drive C tidak akan hilang;
3.    Menyiapkan CD Driver yang dibutuhkan, seperti Driver Motherboard, Sound, dan Driver VGA card.


B PROSES INSTALASI :
1.    Melakuka pengatura BIOS   aga priorita Bootingny dimulai   dari
CD(DVD)-ROM, dengan cara:
a Masuk ke BIOS dengan menekan tombol Del, atau F1, atau juga F2;
b.   Memilih menu Advanced Settings, kemudian mencari Boot Priority atau
yang sejenis;
c Menguba pengatura aga CD-ROM   merupaka uruta pertama, kemungkinan pilihan ini memiliki 2 jenis:
1)  Dengan  menu  First  Boot  priority’,  Second  Boot  priority dll  :
melakukan  pengaturan  First  Boot  priority ke  ‘CDROM’  dengan
menekan tombol PgDn/Pgup (Page Down/Up) atau +/-, dan di-set juga
Second Boot prioritynya ke HDD0/HDD1;
2)  Apabila menunya Boot priority:, diatur ke CDROM, C, A’ atau
‘CDROM, A, C’ dengan menekan tombol PgDn/Up.





d.   Kembali ke menu sebelumnya dengan menekan tombol Esc. Setelah itu, memasukkan CD-ROM/DVD instalasi Windows ke Drive optic;
e Menekan F10, kemudian mengetik Y dan menekan Enter;
f Komputer akan melakukan restart.
2.    Menekan sembarang tombol jika tampil perintah Press any key to Boot from CD...’. Komputer kemudian akan meload Windows sementara, untuk proses instalasi;
Sebagai catatan: Dibaris terbawah layar biasanya akan tertulis perintah- perintah beserta tombol keyboard yang harus ditekan, jika Setup meminta input dari user.
3.    Setelah proses loading selesai dan menu berlatar-belakang biru muncul, akan ada pemilihan mode Setup. Setelah itu menekan Enter untuk memulai proses instalasi;
4.    Menekan F8 untuk menerima ketentuan lisensi (Jika tampil);
5.    Setup akan meminta tempat instalasi Windows XP. Harddisk pertama akan otomatis terpilih. Jika tidak, lakukan pilihan Hard Disk pertama sebagai tempat instalasinya. Kemudian menekan Enter.
6.    Akan ada pilihan mode Format untuk HardDisk, setelah itu memilih Format the partition using the NTFS file System (Quick), kemudian Setup akan menyiapkan Hard Disk tersebut dan meng-copy seluruh file-file Windows yang diperlukan. Ditunggu beberapa menit sampai indikator Progress Bar mencapai
100%;
7.    Komputer  akan  restart.  Yang  perlu  diperhatikan  adalah  jangan  menekan tombol apapun pada keyboard jika tampil tulisan Press any key to Boot from CD... karena sekarang akan dilakukan proses booting komputer melalui HardDisk yang telah disiapkan oleh Setup. Kemudian Setup akan memasuki mode GUI (Graphical User Interface).
8.    Windows akan meminta nama beserta nama organisasi. Melakukan pengisian seperti yang diminta, dan ketika diminta CD-KEY, maka dilakukan pengisian seperti yang tertulis di dalam CD.
9.    Windows  juga  akan  meminta  pengeseran  waktu  dan  tanggal  komputer.
Biasanya pengaturan ini sudah benar. Setelah itu melakkan pemilihan time zone yang sesuai, yaitu +7 (Bangkok, Hanoi, Jakarta) kemudian akan dilanjutkan dengan penginstalan kartu network;
10.  Melakukan Klik OK atau Next sampai selesai.
11.  Komputer akan restart untuk yang kedua kalinya.
12.  Ketika loading selesai, maka installer akan dipandu untuk mengeset nama (account) pengguna. Melakukan Klik tanda panah kanan berulang kali sampai selesai. Proses instalasi selesai;





13. Untuk tahap selanjutnya, dianjurkan untuk menginstal driver-driver yang belum/tidak dikenali Windows, seperti Driver untuk modem, dll. Sumbernya bisa berasal dari CD/DVD yang didapat bersama paket pembelian peripheral tsb. Proses ini dapat dilanjutkan dengan instalasi program-program lain seperti WinRAR, Office, dll.


C.  PENGENALAN WINDOWS 10
Sistem operasi dibuat dengan salah satu tujuannya adalah mempermudah interaksi manusia sebagai pengguna dengan komputer. Perkembangan komputer yang sangat pesat terutama pada sisi perangkat keras juga diikuti dengan munculnya beberapa sistem operasi yang menjadi alternatif antara lain DOS/Windows, Unix, Linux, Sun Solaris, IBM OS/2 dan MacOS Windows dan Linux saat ini merupakan sistem operasi terpopular dan paling banyak digunakan. Windows banyak digunakan karena alasan kemudahan dan tampilannya yang indah sedangkan Linux banyak digunakan dengan alasan keamanan dan sifatnya yang open source. Dengan alasan open source dan tidak terikat lisensi saat ini mulai terjadi pergeseran pemakai terutama didunia pendidikan, banyak yang awalnya menggunakan Windows dan solaris berpindah menggunakan Linux. Sedikit penjelasan tetang perkembangan dan sejarah window.


D.  PENGENALAN DESKTOP


1.   Start Menu
Pada Start Menu sudah kembali seperti Start di Windows 7, akan tetapi pada
Windows 10 pihak Microsoft telah mengkombinasi Start Menu yang ada pada





Windowdan  Windows  8  sehingga memudahkan  para pengguna dalam pemakaian.



2.   Notification area
Pada Windows 10, segala aktivitas dan pemberitahuan akan di tampilkan. Pada gambar dibawah diperlihatkan Fitur baru yang ada pada Windows 10.



3.   Tablet Mode
Pada Windows 10, memiliki fitur baru yaitu Tablet Mode dimana pengguna dapat mengubah tampilannya menjadi smartphone. Bagi komputer yang mempunyai touch screen dapat menggunakan fitur baru ini.


4.   Taksbar
Taskbar adalah komponen dari program Windows 10 yang menampung tombol start, tombol program, ikon notifikasi, serta tanggal dan waktu. Letak Taksbar secara default berada di dekstop bagian paling bawah.


5.   Sourtcut icon
Shortcut adalah cara pintas yang mana shortcut tersebut berbentuk icon yang tampil di desktop komputer yang dapat memudahkan pengguna dalam mengakses aplikasi ataupun file atau folder komputer melalui shortcut tersebut.

Window10 memiliki  beberapa keunggulan  lain  seperti  penambahan  fitur Virtual Desktop, kemampuan menampilkan beberapa folder/ file dalam 1 layar. Windows 10 juga memiliki kekurangan seperti masih ada beberapa aplikasi yang tidak dapat di gunakan di Windows 10.

E. WINDOWS EXPLORER






1.   Menu

Memuat fitur-fitur yang ada pada Windows Explorer, berupa perintah-perintah dan konfigurasi dari tampilan Windows Explorer.


2.   Toolbar


Papan berisi short-cut perintah yang bisa digunakan pada Windows Explorer. Tidak semua short-cut ada pada toolbar, hal ini sesuai dengan konfigurasi (aturan) yang ditetapkan.


3.   Folder View




Pada Windows Explorer, terdapat dua Windows (jendela) yaitu folder view explorer disebelah kiri dan view disebelah kanan. Folder view hanya menampilkan folder-folder / direktori dan beberapa file zip, sedangkan explorer view menampilkan semua isi dari folder yang dipilih, kecuali file yang di- hidden.


4.   Path


Path adalah lebih lengkapnya address path merupakan alamat lengkap (path mutlak) dari folder yang dipilih pada folder view. Secara umum formatnya adalah : <Drive>\<Folder>\<Folder>\
Contoh : F : \Word\Format\
Berarti folder yang dipilih adalah Jumat\, terletak pada Drive F:\, dengan folder
utama Word.


5.   Status Bar




Status Bar Merupakan deskripsi isi dari folder yang dipilih, biasanya berupa jumlah file/folder yang ada pada drive/folder yang dipilih. Hidden-file bisa terdeteksi dari status bar.

Artikel Terkait

First